2 April 2013

organisasi dan arsitektur


ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Organisasi dan arsitektur komputer merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan untuk mengetahui hal hal yang berhubungan dengan komputer. Oleh karena itu essay ini dibuat untuk mengkaji tentang makna dari organisasi komputer dan arsitektur komputer.

Ø  ORGANISASI KOMPUTER
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi komputer rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal - sinyal kontrol, antar-muka antara computer dan periferal serta penggunaan teknologi.
Organisasi komputer adalah bagaimana fitur-fitur pada sebuah komputer diimplementasikan. Contoh nyata seperti teknologi prosesor, teknologi memori, teknologi interface. Misalnya untuk melaksanakan instruksi perkalian, apakah komputer tersebut punya unit hardware pengali, atau menggunakan penjumlahan berulang.
Organisasi komputer membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk. Misalnya, insinyur perangkat lunak perlu mengetahui kemampuan pengolahan prosesor. Mereka mungkin perlu untuk mengoptimalkan software untuk mendapatkan kinerja yang paling dengan mengorbankan sedikit. Hal ini dapat memerlukan analisa yang cukup rinci tentang organisasi komputer. Sebagai contoh, dalam sebuah decoder multimedia, para desainer mungkin perlu untuk mengatur data yang paling untuk diproses di jalur data tercepat dan berbagai komponen diasumsikan berada di tempat dan tugas adalah untuk mengetahui struktur organisasi untuk memverifikasi bagian komputer beroperasi.
Organisasi komputer juga membantu merencanakan pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu. Proyek multimedia mungkin membutuhkan akses data yang sangat cepat, sedangkan perangkat lunak pengawasan mungkin perlu menyela cepat. Kadang-kadang tugas-tugas tertentu memerlukan komponen tambahan juga. Sebagai contoh, sebuah komputer mampu virtualisasi membutuhkan memori virtual hardware sehingga memori komputer simulasi yang berbeda dapat disimpan dipisahkan. Komputer organisasi dan fitur juga mempengaruhi konsumsi daya dan biaya prosesor.
Jadi organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya seperti teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol yang membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk dan juga juga membantu merencanakan pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu.

Ø  ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer dapat didefinisikan sebagai gaya kontruksi dan organisasi antara komponen-komponen yang terkait dalam suatu perangkat sistem komputer. Walaupun setiap komputer pada dasarnya sama yaitu bekerja pada subuah sistem digital, namun terdapat berbagai variasi dalam konstruksinya yang dapat membedakan cara penggunaan komputer.
Menurut William Stalling dalam bukunya “Organisasi dan Arsitektur” jilid 1 Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut - atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
Sedangkan menurut Carl Hamacher, arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakaninstruksi tersebut.
Arsitektur komputer adalah sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program.
Dalam ilmu komputer dan rekayasa , arsitektur komputer adalah seni yang menentukan hubungan dan bagian dari sistem komputer. Dalam arsitektur bangunan , seni ini biasanya visual, tetapi arsitektur komputer adalah logis, mendefinisikan sistem untuk melayani tujuan tertentu. Dalam kedua kasus (bangunan dan komputer), desain lengkap memiliki banyak detail, dan beberapa rincian yang diterapkan oleh praktek umum.
Sebagai contoh, pada tingkat tinggi, arsitektur komputer berkaitan dengan bagaimana central processing unit (CPU) bertindak dan bagaimana menggunakan memori komputer . Beberapa (2011) modis arsitektur komputer termasuk komputasi cluster dan Non-Uniform Memory Access .
Arsitek komputer menggunakan komputer untuk merancang komputer baru. Emulation software dapat menjalankan program yang ditulis dalam satu set instruksi yang diusulkan. Sementara desain sangat mudah untuk mengubah pada tahap ini, compiler desigers sering berkolaborasi dengan arsitek, menunjukkan perbaikan dalam set instruksi. Emulator modern mungkin mengukur waktu dalam siklus jam, perkiraan konsumsi energi dalam joule, dan memberikan perkiraan yang realistis dari ukuran kode dalam bytes. Ini mempengaruhi kenyamanan pengguna, hidup baterai, dan ukuran dan biaya terbesar bagian fisik komputer: memori. Artinya, mereka membantu untuk memperkirakan nilai dari sebuah desain komputer.
Arsitektur komputer pertama kali didokumentasikan berada di korespondensi antara Charles Babbage dan Ada Lovelace , menggambarkan mesin analitis . Lain contoh awal adalah John Von Neumann 's 1945 kertas, Draft Pertama Laporan di EDVAC , yang menggambarkan sebuah organisasi elemen logis. IBM menggunakan ini untuk mengembangkan IBM 701, komersial pertama perusahaan program komputer yang tersimpan , disampaikan dalam awal 1952 .
"Arsitektur" dalam literatur komputer dapat ditelusuri ke karya Lyle R. Johnson, Muhammad Usman Khan dan Frederick P. Brooks, Jr, anggota pada tahun 1959 dari departemen Organisasi Machine di pusat penelitian utama IBM. Johnson memiliki kesempatan untuk menulis komunikasi penelitian milik tentang Peregangan , IBM yang dikembangkan superkomputer untuk Los Alamos Scientific Laboratory. Untuk menggambarkan tingkat detail untuk membahas komputer mewah menghiasi, ia mencatat bahwa deskripsi tentang format, jenis instruksi, parameter hardware, dan perangkat tambahan kecepatan berada di tingkat "arsitektur sistem" - sebuah istilah yang tampak lebih berguna daripada "mesin organisasi . "
Selanjutnya, Brooks, seorang desainer Stretch, mulai Bab 2 dari buku (Perencanaan Sistem Komputer:. Proyek Stretch, ed W. Buchholz, 1962) dengan menulis, "arsitektur komputer, seperti arsitektur lainnya, adalah seni menentukan kebutuhan pengguna struktur dan kemudian merancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut seefektif mungkin dalam kendala ekonomi dan teknologi. "
Brooks melanjutkan untuk membantu mengembangkan System/360 IBM (sekarang disebut zSeries IBM ) garis komputer, di mana "arsitektur" menjadi kata benda mendefinisikan "apa yang pengguna perlu tahu". Kemudian, pengguna komputer datang untuk menggunakan istilah dalam banyak kurang eksplisit cara.
Jadi  arsitektur komputer adalah sebuah sistem komputer yang mempelajari mempelajari atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program dan sebagai contoh yaitu set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

Ø  ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Dari definisi tentang organisasi komputer dan arsitektur komputer diatas, kita dapat menyimpulkan definisi dari organisasi dan arsitektur komputer itu sendiri, yaitu bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya seperti teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol yang membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk dan juga membantu merencanakan pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu sekaligus sebuah sistem komputer yang mempelajari mempelajari atribut - atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program dan sebagai contoh yaitu set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Atau lebih simpelnya  organisasi dan arsitektur komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasionalnya dalam lingkup organisasionalnya sekaligus sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program daam lingkup arsitekturalnya.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.


Sumber:
http://sinarpompong.blogspot.com/2012/05/pengertian-organisasi-dan-arsitektur.html

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar