organisasi dan arsitektur
ORGANISASI
DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi dan arsitektur komputer merupakan salah
satu mata kuliah yang diajarkan untuk mengetahui hal hal yang berhubungan
dengan komputer. Oleh karena itu essay ini dibuat untuk mengkaji tentang makna
dari organisasi komputer dan arsitektur komputer.
Ø ORGANISASI KOMPUTER
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer
dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol. Organisasi komputer rincian
hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal - sinyal kontrol,
antar-muka antara computer dan periferal serta penggunaan teknologi.
Organisasi komputer adalah bagaimana
fitur-fitur pada sebuah komputer diimplementasikan. Contoh nyata seperti
teknologi prosesor, teknologi memori, teknologi interface. Misalnya untuk
melaksanakan instruksi perkalian, apakah komputer tersebut punya unit hardware
pengali, atau menggunakan penjumlahan berulang.
Organisasi komputer membantu mengoptimalkan kinerja
berbasis produk. Misalnya, insinyur perangkat lunak perlu mengetahui kemampuan
pengolahan prosesor. Mereka mungkin perlu untuk mengoptimalkan software untuk
mendapatkan kinerja yang paling dengan mengorbankan sedikit. Hal ini dapat
memerlukan analisa yang cukup rinci tentang organisasi komputer. Sebagai
contoh, dalam sebuah decoder multimedia, para desainer mungkin perlu untuk
mengatur data yang paling untuk diproses di jalur data tercepat dan berbagai
komponen diasumsikan berada di tempat dan tugas adalah untuk mengetahui
struktur organisasi untuk memverifikasi bagian komputer beroperasi.
Organisasi komputer juga membantu merencanakan
pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu. Proyek multimedia mungkin
membutuhkan akses data yang sangat cepat, sedangkan perangkat lunak pengawasan
mungkin perlu menyela cepat. Kadang-kadang tugas-tugas tertentu memerlukan
komponen tambahan juga. Sebagai contoh, sebuah komputer mampu virtualisasi
membutuhkan memori virtual hardware
sehingga memori komputer simulasi yang berbeda dapat disimpan dipisahkan. Komputer
organisasi dan fitur juga mempengaruhi konsumsi daya dan biaya prosesor.
Jadi organisasi komputer adalah bagian yang terkait
erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun
sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya seperti teknologi
hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol yang membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk dan
juga juga membantu merencanakan pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu.
Ø ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur
komputer dapat didefinisikan sebagai gaya kontruksi dan organisasi antara
komponen-komponen yang terkait dalam suatu perangkat sistem komputer. Walaupun
setiap komputer pada dasarnya sama yaitu bekerja pada subuah sistem digital,
namun terdapat berbagai variasi dalam konstruksinya yang dapat membedakan cara
penggunaan komputer.
Menurut William Stalling dalam bukunya “Organisasi dan Arsitektur” jilid 1
Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut - atribut yang mempunyai dampak
langsung pada eksekusi logis sebuah program.
Sedangkan menurut Carl Hamacher, arsitektur komputer meliputi spesifikasi
sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakaninstruksi tersebut.
Arsitektur
komputer adalah sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan aribut-atribut
sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang
berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program.
Dalam ilmu komputer dan rekayasa , arsitektur komputer adalah seni yang
menentukan hubungan dan bagian dari sistem komputer. Dalam arsitektur bangunan , seni ini biasanya visual, tetapi
arsitektur komputer adalah logis, mendefinisikan sistem untuk melayani tujuan
tertentu. Dalam kedua kasus (bangunan dan komputer), desain lengkap memiliki
banyak detail, dan beberapa rincian yang diterapkan oleh praktek umum.
Sebagai
contoh, pada tingkat tinggi, arsitektur komputer berkaitan dengan bagaimana central processing unit (CPU)
bertindak dan bagaimana menggunakan memori komputer . Beberapa
(2011) modis arsitektur komputer termasuk komputasi cluster dan Non-Uniform Memory Access .
Arsitek
komputer menggunakan komputer untuk merancang komputer baru. Emulation software dapat menjalankan program
yang ditulis dalam satu set instruksi yang diusulkan. Sementara desain sangat
mudah untuk mengubah pada tahap ini, compiler desigers sering berkolaborasi dengan arsitek,
menunjukkan perbaikan dalam set instruksi. Emulator modern mungkin mengukur
waktu dalam siklus jam, perkiraan konsumsi energi dalam joule, dan memberikan
perkiraan yang realistis dari ukuran kode dalam bytes. Ini mempengaruhi
kenyamanan pengguna, hidup baterai, dan ukuran dan biaya terbesar bagian fisik
komputer: memori. Artinya, mereka membantu untuk memperkirakan nilai dari
sebuah desain komputer.
Arsitektur
komputer pertama kali didokumentasikan berada di korespondensi antara Charles Babbage dan Ada Lovelace , menggambarkan mesin analitis . Lain
contoh awal adalah John Von Neumann 's 1945
kertas, Draft Pertama Laporan di EDVAC , yang menggambarkan sebuah organisasi elemen logis. IBM menggunakan ini untuk mengembangkan IBM 701, komersial pertama perusahaan program komputer yang tersimpan ,
disampaikan dalam awal 1952 .
"Arsitektur"
dalam literatur komputer dapat ditelusuri ke karya Lyle R. Johnson, Muhammad
Usman Khan dan Frederick P. Brooks, Jr, anggota pada tahun 1959 dari departemen
Organisasi Machine di pusat penelitian utama IBM. Johnson memiliki kesempatan
untuk menulis komunikasi penelitian milik tentang Peregangan , IBM yang
dikembangkan superkomputer untuk Los Alamos Scientific
Laboratory. Untuk menggambarkan tingkat detail untuk membahas komputer mewah
menghiasi, ia mencatat bahwa deskripsi tentang format, jenis instruksi,
parameter hardware, dan perangkat tambahan kecepatan berada di tingkat
"arsitektur sistem" - sebuah istilah yang tampak lebih berguna daripada
"mesin organisasi . "
Selanjutnya,
Brooks, seorang desainer Stretch, mulai Bab 2 dari buku (Perencanaan Sistem
Komputer:. Proyek Stretch, ed W. Buchholz, 1962) dengan menulis,
"arsitektur komputer, seperti arsitektur lainnya, adalah seni menentukan
kebutuhan pengguna struktur dan kemudian merancang untuk memenuhi kebutuhan
tersebut seefektif mungkin dalam kendala ekonomi dan teknologi. "
Brooks
melanjutkan untuk membantu mengembangkan System/360 IBM (sekarang
disebut zSeries IBM ) garis komputer, di mana
"arsitektur" menjadi kata benda mendefinisikan "apa yang
pengguna perlu tahu". Kemudian, pengguna komputer datang untuk menggunakan
istilah dalam banyak kurang eksplisit cara.
Jadi arsitektur komputer adalah sebuah sistem
komputer yang mempelajari mempelajari atribut-atribut sebuah
sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram, dan
memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program dan sebagai contoh
yaitu set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/0.
Ø ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Dari
definisi tentang organisasi komputer dan arsitektur komputer diatas, kita dapat
menyimpulkan definisi dari organisasi dan arsitektur komputer itu sendiri,
yaitu bagian yang
terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen
penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya seperti
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol yang membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk dan
juga membantu merencanakan pemilihan prosesor untuk suatu proyek tertentu sekaligus
sebuah sistem komputer yang mempelajari mempelajari atribut - atribut sebuah
sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram, dan
memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program dan sebagai contoh
yaitu set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/0.
Atau lebih
simpelnya organisasi dan arsitektur
komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasionalnya
dalam lingkup organisasionalnya sekaligus sebuah sistem yang tampak (visible)
bagi seorang pemrogram, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi
logis sebuah program daam lingkup arsitekturalnya.
Sebagai
contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional.
Sumber:
http://sinarpompong.blogspot.com/2012/05/pengertian-organisasi-dan-arsitektur.html
0 komentar:
Posting Komentar